Kamis, 28 Mei 2015

Makalah Teknik Mesin - Perawatan Pada pipa Boiler (Ketel Uap)


Perawatan yang direncanakan Pada pipa Boiler (Ketel Uap)
            Kegiatan perawatan yang akan dilakukan pada PKS Cot Girek, Aceh Utara khususnya pada Boiler (Ketel Uap) Takuma Water Tube Type N-600SA,  jika dikaitkan dengan bentuk-bentuk perawatan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya  adalah sebagai berikut:

Perawatan yang dilakukan secara Preventive maintenance yaitu bertumpu pada pemantauan sewaktu perpipaan dioperasikan, yang lazim dilaksanakan oleh piahak inspeksi dan disebut on stream inspection. Dari hasil pemantauan on stream inilah disusun jadwal pemeliharaan/ perbaikan yang paling tepat dan edfesien. Perawatan yang didalamnya terdapat perawatan rutin (Routine maintenance) dan perawatan periodik (periodic maintenance). Sebagai contoh dari kegiatan ini adalah :
1.      Routine Maintenance
ü  Pembersihan fasilitas maupun peralatan
ü  Pemeriksaan tekanan pressure yang dihasilkan boiler.
ü  Pemeriksaan air umpan
ü  Setiap 4 jam sekali melakukan pembersihan pada bagian pipa dengan menggunakan soot blowing.
2.      Periodic Maintenance
      Periodic maintenance adalah kegiatan pemeliharaan dan perawatan yang dilakukan secara periodik atau dalam jangka waktu tertentu, misalnya setiap satu minggu sekali, lalu meningkat setiap bulan sekali, dan akhirnya setiap setahun sekali.

Perawatan yang dilakukan secara Korektif (Corective Maintenance) pada Boiler (Ketel Uap) Takuma Water Tube Type N-600SA adalah memperbaiki  kerusakan-kerusakan kecil seperti melakukan pengelasan, pembersihan, dan pelumasan, agar boiler tetap siap beroperasi normal.


Perawatan berjalan (Running Maintenance) yang dilakukan pada mesin Boiler (Ketel Uap) yaitu pada saat boiler beroperasi operator melakukan pembersihan-pembersihan kecil pada  bagian mesin boiler.

Perawatan yang dilakukan secara prediktif (Prediktive Maintenance) pada Boiler (Ketel Uap) biasanya dilakukan dengan bantuan panca indra atau penglihatan, pendengaran didasarkan kondisi aktual mesin itu tersendiri. 

Perawatan yang dilakukan secara (Breakdown Maintenance) pada mesin Boiler (Ketel Uap) Takuma Water Tube Type N-600SA adalah kegiatan perawatan yang dilakukan setelah terjadinya kerusakan atau kelainan pada fasilitas mesin sehingga tidak berfungsi dengan baik, maka diperlukan peralatan, suku cadang, dan tenaga kerjanya untuk dilakukan pembongkaran.
Perawatan mesin dapat memperlambat penurunan kondisi mesin.  Adapun tujuan utama perawatan  ini adalah :

1.      Untuk memperpanjang usia komponen-komponen mesin.
2.      Untuk menjamin keselamatan kerja dari pada hal-hal yang tidak diinginkan.
3.      Kemampuan berproduksi yang dapat memenuhi kebutuhan  sesuai dengan rencana.
4.      Menjaga kualitas pada tingkat yang tepat untuk memenuhi apa yang dibutuhkan oleh produk itu sendiri dan kegiatan produksi. 
     
Program perawatan adalah suatu daftar perawatan yang mempunyai tujuan. Untuk memcapai tujuan perlu dibuat perenmcanaan yang mempunyai garis besar hal ini mencangkup apa, bagaimana, mengapa dan kapan akan dilakukan perawatan. Setelah ditentukan apa yang harus dirawat dan bagaiman cara merawatnya kemudian perlu ditentukan juga kapan akan dilaksanakan. Program perawatan merupakan susunan daftar perawatan untuk setiap peralatan yang tercatan. Tujuan pembuatan program perawatan adalah:

a.       Untuk menerapkan pekerjaan yang direncanakan yaitu;
§  Menjamin agar tidak kelalaian perawatan pada suatu peralatan.
§  Menjamin frekwensi perawatan yang di lakukan berdasarkan kebutuhan.
§  Mengkoordinasi pekerjaan perawatan dengan kebutuhan produksi.
b.      Mengajukan semua kebutuhan untuk pekerjaan perawatan, mengadakan program yang di jalankan untuk waktu sekarang dan berikutnya.
c.       Untuk meningkatkan pekerjaan perawatan yang dilaksanakan dalam jangka waktu pendek yaitu dengan merumuskan rencana kerja harian, mingguan dan menyediakan pengawasan pekerjaan dan suku cadang alat.

3 komentar:

  1. Apabila Anda mempunyai kesulitan dalam pemakaian / penggunaan chemical , atau yang berhubungan dengan chemical,oli industri, jangan sungkan untuk menghubungi, kami akan memberikan konsultasi kepada Anda mengenai masalah yang berhubungan dengan chemical.

    Salam,
    (Tommy.k)
    WA:081310849918
    Email: Tommy.transcal@gmail.com
    Management

    OUR SERVICE
    Boiler Chemical Cleaning
    Cooling tower Chemical Cleaning
    Chiller Chemical Cleaning
    AHU, Condensor Chemical Cleaning
    Chemical Maintenance
    Waste Water Treatment Plant Industrial & Domestic (WTP/WWTP/STP)
    Degreaser & Floor Cleaner Plant
    Oli industri
    Rust remover
    Coal & feul oil additive
    Cleaning Chemical
    Lubricant
    Other Chemical
    RO Chemical

    BalasHapus