Jumat, 29 Mei 2015

Makalah Teknik Mesin - Penyebab terjadi kerusakan pada wire rope



supaya tahan lama wire rope harus dibersihkan dan diberikan lubrikasi secara berkala.wire rope dibersihkan dengan cara disikat dengan sikat kawat untuk membersihkan dari kotoran, pasir dan kerikil yang menempel.

Penyebab terjadi kerusakan pada wire rope
1.    Keausan
Ada dua macam keausan pada tali kawat, yaitu keausan dalam dan keausan luar yang mengakibatkan berkurangnya diameter.
Keausan dalam terjadi karena gesekan di antara sesama kawat penyusun tali, sedangkan keausan luar adalah aus yang disebabkan kontak antara tali kawat dengan drum, sheave, guide wheel, dan lain-lain, serta keausan karena korosi.
      Apabila alur sheave aus secara tidak merata, tali kawat tidak akan aus merata dalam arah melingkar (keausan konsentris), dan kadang kala hanya satu sisi tali yang aus (keausan eksentris), yang mana meningkatkan kelemahannya, dan pengurangan beban putusnya menjadi maksimum (gampang putus).Untuk mencegah keausan, bukan saja dengan memberi minyak pelumas pada tali kawat, tetapi harus berusaha memelihara trek, guide wheel, sheave dan lain-lain.
2.      Korosi
      Secara garis besar korosi dibagi menjadi korosi luar dan korosi dalam, di mana korosi luar disebabkan oleh terlepas atau melelehnya lapisan minyak pelumas karena kelembaban, air hujan atau gas beracun, sehingga permukaan logam  terbuka.
 apabila kandungan minyak pelumas di inti kawat  berkurang, air akan merembes masuk menggantikan minyak pelumas, dan mengakibatkan keausan dalam, diameter  kawat berkurang karena  keausan ,  dan korosi.




Pelumas Interflon tidak menetes maupun terlempar. Saat bekerja, pelumas melindungi bagian luar kabel untuk mengurangi keausan dan korosi yang terjadi dari gesekan helai-helai kabel maupun benda lainnya. Melalui cara ini, kabel akan tahan terhadap segala perubahan cuaca, debu dan cairan tidak akan menempel, dan akan memudahkan inspeksi pada kabel itu sendiri.
keunggulan dari pelumas interflon yaitu:
    • Melumas semua bagian kabel secara sampai ke dasarnya untuk mengurangi gesekan
    • Melindungi setiap helai kabel terhadap korosi
    • Melapis bagian luar kabel untuk mengurangi korosi dari luar
    • Tahan terhadap air, asam, alkali, dan air laut sekalipun
    • Tidak akan mengeras ataupun menipis di cuaca panas/dingin
  Cara melubrikasi wire rope
            1  Diteteskan
            2. diaplikasikan menggunakan kuas
            3. disemprotkan





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar