Jumat, 29 Mei 2015

Makalah Teknik Mesin - Pemeliharaan Wire Rope




Pelumasan
Para pelumasan tali kawat dalam pelayanan adalah salah satu tahap dari prosedur pemeliharaan yang tidak pernah bisa diabaikan. Pelumasan yang baik melindungi tali terhadap korosi, membantu untuk menjaga kabel berlapis, menjaga inti sehingga keausan dan gesekan diminimalkan dan mengurangi keausan dengan puli katrol dan peralatan drum yang dimana tali beroperasi.
Korosi harus dihindari jika kekuatan dan keselamatan tali kawat adalah untuk dipertahankan. Tali berkarat berkurang dalam kekuatan karena beberapa daerah logamnya telah hilang. Namun, tidak seperti pengurangan yang terjadi sebagai akibat dari penggunaan normal dan kabel rusak, efeknya adalah mustahil untuk memperkirakan. Karena itu perlu bagi kekuatan tali kawat dikenal dalam tingkat akurasi yang adil setiap saat selama hidupnya, tidak adanya korosi yang paling penting. Hal ini terutama berlaku di mana kegagalan tali akan mengakibatkan hilangnya nyawa atau kerusakan mahal.
Selain itu fungsi utama, pelumasan yang baik memberikan kontribusi terhadap perekonomian operasi. Ketika kita menganggap bahwa tali kawat harus membungkuk sheave yang bebas dan berbagai elemen tali juga harus bergerak bebas, kebutuhan pelumasan yang tepat dapat segera terlihat. Tali kawat juga akan mengerahkan pasukan yang cukup besar terhadap drum dan film minyak antara tali dan puli katrol juga bermanfaat.
Pelumas yang sesuai untuk aplikasi tali kawat dapat diperoleh di hampir konsistensi apapun, mulai dari cukup tipis untuk tar berat seperti zat. Namun, bahan yang digunakan harus bebas dari setiap unsur yang mungkin menyerang bagian tali dan harus secara kimia netral.
Biasanya jenis yang lebih tipis pelumas memiliki sifat pelumas terbaik, tetapi mereka tidak membayar perlindungan terhadap korosi dalam waktu lama terutama jika tali terkena unsur luar. Ada beberapa pelumas berat yang memberikan sifat adhesi yang lebih baik tetapi memiliki sifat pelumas yang lebih rendah dan biasanya harus diterapkan dalam keadaan panas untuk mendapatkan penetrasi tepat. Oleh karena itu, pilihan pelumas harus bergantung pada metode aplikasi dan faktor-faktor tertentu yang harus dilawan.
Dimana korosi pada menjadi faktor serius, seperti tali yang digunakan dalam operasi pengerukan atau instalasi tambang basah poros, pelumas berat akan memberikan perlindungan terbaik. Sedang pelumas yang digunakan pada layanan tali yang cukup panjang yang beroperasi di luar rumah dan hanya memiliki unsur-unsur yang dapat digunakan untuk bersaing. Tali kawat digunakan pada crane, derek dan konveyor akan jatuh dalam rentang ini. Dalam hal tali hidup yang relatif singkat seperti yang digunakan pada peralatan penggalian, dimana korosi tidak konsekuensi serius pelumas tipis yang paling efektif. Umumnya pelumas tipis diterapkan pada tali yang beroperasi di dalam ruangan, seperti di toko crane dan lift karena korosi adalah tidak tepat untuk menjadi perhatian besar dan pelumas akan menembus tali dan dapat diterapkan dingin.
Dalam banyak kasus dimana perlindungan yang diberikan oleh bahan menengah atau berat bertubuh diperlukan, kesulitan yang dihadapi dalam menerapkan kedua jenis dalam keadaan panas yang membuat penggunaannya tidak mungkin. Berikut pelumas lebih tipis dapat digunakan tetapi untuk memastikan perlindungan yang memadai harus diterapkan secara lebih sering.
Tali kawat harus bersih dan kering sebelum pelumas diterapkan. Dalam beberapa kasus, di mana tali mengambil kotoran dan grit dan kehilangan efektivitasnya cepat, mungkin perlu untuk membersihkannya sebelum setiap aplikasi. Pembersihan dapat dilakukan dengan menggunakan kompresi udara atau uap, atau dapat dilakukan dengan kuas didorong stasioner atau kekuasaan. Jika sikat yang digunakan, mungkin perlu untuk melonggarkan kotoran dan pelumas lama dengan minyak menembus atau grand baik minyak tanah.
Ada banyak cara pelumas dapat diterapkan, dan, tentu saja, sebuah metode yang mudah dan ekonomis dalam satu kasus tidak mungkin metode yang paling efisien di negara lain. Dimana panjang relatif singkat tali harus diperlakukan paling mudah untuk melakukan pekerjaan dengan tangan, tetapi dengan panjang panjang metode ini memakan waktu dan membosankan. Oleh karena itu, tali lagi seperti poros hoist atau miring tali atau tali lift di beberapa bangunan terbaik dapat diobati dengan beberapa jenis aplikator.
Dalam menerapkan pelumas dengan tangan, dapat diseka pada atau dituangkan pada tali. Metode ini memuaskan jika wiper yang diatur untuk menghapus kelebihan minyak dari permukaan tali dan untuk mencegah limbah.
Aplikator dari berbagai jenis telah dirancang, beberapa di antaranya dilepas setelah aplikasi dan lain-lain yang disesuaikan dengan aplikasi berkelanjutan dari sejumlah kecil pelumas.

Jika pelumas khusus kawat tali tidak tersedia ingat bahwa Anda masih bisa melakukan prosedur perawatan yang tepat. Gunakan oli mesin atau jika pelumas lebih berat diperlukan, minyak gigi akan bekerja dengan baik. Jangan oleskan minyak mesin yang digunakan karena akan mengandung kotoran sulfur dan lain dari mesin. Jangan gunakan formulir bahan bakar minyak, minyak hidrolik atau solar karena mereka memiliki sifat pelumas yang sangat miskin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar